Minggu, 29 Maret 2015

Tugas 2 - Kewirausahaan 2



Definisi E-Marketing
Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’) adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebagaimana halnya fungsi catalog tercetak pada bisnis offline.
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual produknya.
Bisnis melalui internet bisa dioperasikan dari rumah sehingga biayanya bisa jadi sang at kecil dibandingkan harus sewa kantor atau toko. Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email.
Sales website
Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melkukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis.
Proses pembelian ini dilakukan oleh customer tanpa harus meninggalkan rumah, cukup dilakukan dari depan computer yang terhubung internet.
Websites Informasi
Ada website tipe lain, yakni Website Informasi untuk internet marketing. Website tipe ini dibuat untuk menginformasikan tentang seluk beluk sebuah produk. Dan diharapkan dengan website yang berisi informasi tentang produk yang dijual akan memberikan penjelasan pada calon customer agar membeli produk yang dijual.
Email marketing
Pebisnis online akan menggunakan email untuk mengintak calon customer (prospek) memberikan penawaran. Pebisnis akan meminta kepada prospek agar mau menerima setiap informasi yang akan dikirim melalui email tentang produk-produknya. Setelah prospek setuju untuk menerima informasi itu, maka biasanya akan mengirimkan informasi/promosi via email tentang produk dan perusahaannnya dalam bentuk sales letter atau brosur.
Email marketing adalah cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mendistribusikan sales letter. Dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan kertas brosur ke alamat prospek. Tetapi email marketing akan menjadi tidak efektif dan memberikan efek negative bila pebisnis online melakukan spam.

Memang kita tidak dapat menyangkal bahwa untuk urusan internet marketing Indonesia adalah negara paling ramai sedunia dalam keyword tersebut, ini menunjukkan peminat pola pemasaran ini begitu besar di negeri ini yang memang berpenduduk besar. Dan juga peminat produk-produk demikian memang banyak, apalagi topiknya seputar make money online. Selain itu, memasarkan produk-produk digital memang tidak membutuhkan biaya marketing yang besar karena tidak terpotong biaya transportasi dan segala hal yang membebani. Meskipun begitu, saya yakin di tahun-tahun mendatang Indonesia akan memunculkan program dan produk berkualitas yang lebih beragam dan berkualitas.

Etika Bisnis dalam Internet marketing
Dalam menjalankan bisnis internet, etika merupakan kunci yang harus tetap dijaga walau tidak bertemu orang secara langsung, ini demi menjaga hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga internet marketing yang kita lakukan akan berjalan awet tanpa merasa dirugikan antara pihak satu dengan yang lain.
Berikut beberpa point penting etika yang harus dimiliki oleh pebisnis Internet:
·         Jujur
Kejujuran merupakan sikap yang harus di punyai oleh setiap pebisnis internet. Siapapun tahu kalu di UU negara dan agama sangat menjunjung tinggi yang namanya kejujuran.
Jujur dalam bisnis internet bisa meliputi apa saja yang disampaikan, seperti pembuatan sales letter yang sesuai dengan konten, sebab selama ini banyak pengaduan-pengaduan yang menyatakan banyaknya penjual ebook yang hanya menjual mimpi setinggi langit tapi konten yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.
·         Tanggung Jawab
Sebagai pengelola maupun pemilik jasa suatu layanan, tanggung jawab merupakan sikap yang wajib dimiliki. Karena ini menyangkut kredibilitas kita juga melibatkan kepuasan konsumen.
Semakin kita cepat dan tanggap dalam memberikan respon yang diadukan pelanggan semakin konsumen merasa puas dengan service yang kita berikan.
·         Sabar
Kadangkala sesuatu yang kita inginkan belum tercapai, kita keburu berbuat tindakan penyelewengan (nekat) yang melanggar aturan. Contoh kecil jika kita mengikuti progam bisnis gratis PPC (pay per click), karena tidak kunjung mendapatkan trafik dan minimnya orang yang mengklik iklan yang kita sediakan, iklan tersebut malah kita klik sendiri.
Selain merugikan orang lain lain juga merugikan diri kita sendiri, karena account akan dibanned dan kita sebagai publisher dikeluarkan dari program tersebut.
Hambatan dalam pelaksanaan internet marketing
Dalam menjalankan bisnis internet ada banyak hal yang bisa menghambat kesuksesan, untuk itu saya akan membagi hal tersebut menjadi dua kategori, yaitu hambatan bisnis internet dari diri kita sendiri dan hambatan bisnis internet dari luar diri kita. Dengan postingan ini saya harap kita bisa meninggalkan minimal menjauhkan sikap yang bisa menghambat kesuksesan kita dalam menjalankan bisnis internet.

Hambatan Bisnis Internet dari Diri Kita Sendiri
Beberapa hal dan sikap dari diri kita yang bisa menghambat kesuksesan bisnis internet diantaranya:
·         Terlalu Rakus
Maaf kalau saya menggunakan kata-kata yang terlalu ekstrim. Rakus disini Maksudnya adalah melakukan semua hal pada waktu yang bersamaan sehingga belum selesai satu bidang sudah beralih ke bidang yang lainnya dan akan terus begitu. Lakukan satu cara terlebih dahulu dan fokus di cara tsb sehingga anda menjadi ahli di bidangnya. Setelah anda menjadi ahli di bidang tsb, barulah lanjut ke cara berikutnya karena lebih baik anda ahli di suatu bidang dibanding biasa-biasa saja di banyak bidang.
·         Mudah Menyerah
Setelah semua bidang dicoba bersamaan, kecapean, frustasi, merasa gagal, dan menyerah. Saat mengalami kegagalan sementara seharusnya anda bangkit bukannya langsung down dan langsung menyerah.
·         Tidak konsisten
Dengan sikap ini anda akan selalu terjerat lingkaran setan, bagaimana tidak, baru saja anda menemukan produk untuk dipelajari dan anda yakin dengan metodenya kemudian anda menemukan produk baru yang dirasa lebih bagus anda akan membelinya dan menerapkannya kemudian anda ketemu lagi produk baru anda akan meningalkan produk lama dan membeli lagi dan terus begitu sehingga tidak ada satupun yang sempat anda terapkan.
·         Sikap perfeksionis
Jika anda selalu mengharapkan semuanya sempurna justru hal ini akan menghambat bisnis internet anda. “Ah saya harus punya blog yang sempurna!” dengan sikap seperti ini blog anda tidak akan jadi-jadi karena anda selalu merasa ada yang kurang begitu juga ketika anda mencoba membuat produk, anda akan selalu merasa kurang sempurna sehingga produk anda tidak selesai-selesai.

Hambatan Bisnis Internet dari Luar Diri Kita
Berikut ini adalah beberapa hal dari luar diri kita yang bisa menghambat kesuksesan bisnis internet;
Koneksi Internet yang lambat
Saya yakin hampir sebagian besar rekan-rekan sekalian tidak ada masalah dengan koneksi internet buktinya bisa mengakses halaman ini. Tapi jika dalam menjalankan bisnis internet kita tidak mempunyai koneksi internet yang cepat akan ada banyak waktu yang terbuang jadi jika masih ada rekan sekalian yang demikian usahakan investasi berikutnya ke koneksi internet yang lebih layak jangan pikirkan untuk invest ke yang lain dulu.
Tawaran Menggiurkan disaat Kerja
Tidak diragukan lagi saat kita sedang bekerja banyak sekali tawaran menggiurkan dari keluarga dan teman ntah itu nonton bareng, maen game bareng, jalan-jalan etc. Anda harus tegas kepada diri anda dan orang lain! Tentukan waktu yang tepat untuk bekerja dan jauhkan semua gangguan. Semua itu juga demi masa depan anda dan jika sudah berhasil anda bisa luangkan seluruh waktu untuk orang-orang yang tersayang dan memang itukan tujuan kita semua berada disini

Keuntungan dari Internet Marketing
·         Pemasaran yang lebih murah dan efektif alternatif untuk jenis media tradisional.
·         Breaking hambatan geografis berarti peluang global
·         Dua arah komunikasi atau pemasaran interaktif yang memungkinkan pelanggan untuk memberikan umpan balik yang cepat pada produk dan pendekatan pemasaran.
·         Ketersediaan layanan khusus sepanjang jam.
·         Membuat perusahaan patungan untuk mempromosikan produk atau jasa seseorang lebih mungkin melalui internet marketing.
·         Dengan bantuan program afiliasi individu-individu yang ingin mempromosikan produk mereka dapat mempekerjakan lebih banyak orang untuk mencapai tujuan.
·         Ini juga bermanfaat untuk orang yang ingin menghasilkan uang secara online. Internet marketing adalah salah satu bisnis online yang sudah teruji baik yang dapat memberikan pendapatan yang tampan jika ada yang tahu trik-trik perdagangan.
·         Tetap berhubungan dengan pelanggan potensial sangat mungkin dengan cara sederhana baik mengirimkannya RSS feed atau update berkala melalui email.
·         Pikirkan media, murah handal, pemasaran cepat dan sangat efektif itu tidak lain hanyalah internet marketing.
Kekuarngan Internet marketing (pemasaran online) yaitu mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet. Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan, misalkan: Jika perusahaan membangun website terlalu besar dan rumit, sementara individu terhubung ke Internet melalui sambungan dial-up atau ponsel mungkin mengalami penerimaan informasi yang lebih lama. Di sisi lain, konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.
Tahap Konsep Internet Marketing
 (1) Setting Corporate and Business-Unit Strategy
Strategi bisnis adalah dasar pijakan bagi siapapun yang berkecimpung dalam marketing. Strategi perusahaan mengacu pada interrelasi antara berbagai unit bisnis, termasuk iantaranya segala hal yang harus diputuskan, didebatkan, dan diargumentasikan. Unit bisnis bertugas untuk fokus terhadap strategi untuk bersaing dalam persaingan kompetitif.

(2) Framing the Market Opportunity
Tahapan kedua membahas tentang analisis mengenai kesempatan yang terhampar dalam pasar dan mengacu pada langkah pertama konsep bisnis, yakni mengumpulkan data offline dan online untuk menjadi acuan persaingan dalam dunia marketing
(3) Formulating the Marketing Strategy
Internet marketing berdasar kepada strategi marketing tentang korporasi, unit bisnis, dan segala hal yang berkaitan, yang dimiliki oleh internet marketer. Tujuan, sumber, dan apapun yang dilakukan dalam marketing, haruslah didasarkan pada strategi. Formulasinya harus tepat sasaran. Pada akhirnya, strategi harus dibuat berdasarkan data yang didapat baik secara online maupun offline.
(4) Designing the Customer Experience
Internet marketer harus mengerti tipe konsumen yang akan mereka tangani dan segala macam latar belakang dan pengalamannya. Hal tersebut harus dikorelasikan dengan strategi marketing dan posisi internet marketer. Lebih lanjut, pengalaman konsumen akan menjadi jembatan antara marketing dan program-program yang menyokongnya.
(5) Designing the Marketing Program
Menyempurnakan langkah-langkah sebelumnya, yakni mendesain program marketing yang tepat bagi konsumen dan internet marketer, dengan tujuan agar keinginan awal keduanya tercapai dan kedua belah pihak terpuaskan. Dalam desain program, maka harus dipikirkan tentang segmen target, target konsumen, dan sebagainya.

http://demiadidrana.blogspot.com/2010/10/makalah-internet-marketing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar