Kamis, 14 November 2013

PKTI 1C - Ms.Word



MICROSOFT WORD




Microsof Word merupakan aplikasi yang biasa dipakai untuk menulis dengan berbagai fasilitas pilihan dalam membuat karya tulis sesuai keinginan
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Wor.
pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Perbedaannya:
1. Format simpanan word 2007 docx : format file berupa text murni yang berformat xml sedangkan word 2003 doc : format file berupa binary. Kelebihan docx lebih banyak program non office yang mampu membukanya karena sudah open source format filenya.
2. Word 2007 default fontnya : calibri 11 sedang Word 2003 : Times New Roman 12
3. Di Word 2007 udah ga ada buat garis dobel, tapi kalo copy paste dari word 2003 masih bisa. Maklum karena ngikuti standarisasi Internasional.
4. Word 2003 pake menu dan toolbar icon, sedangkan word 2007 pake Tab dan Ribbon untuk tampilannya.
5. Format default word 2003 tanpa jarak antar baris sedangkan word 2007 ada jarak kalo meng enter tapi ini bisa diubah-ubah.
Microsoft Word 2010
Versi ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3) (Diluncurkan Pada Tahun 2010)
  • Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
  • Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
  • Mendukung Standarisasi format Open Document Format (.odf)
  • Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
  • Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
  • Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.
Microsoft Word 2013
Versi ini adalah versi yang terbaru dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7, dan Windows Server 2008 R2 Pada 29 Januari 2013
  • Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
  • Penggeseran gambar yang lebih baik
  • Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
  • Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon masih sama seperti Office 2010. Temanya saja yang berbeda.

FUNGSI MICROSOFT WORD
          Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
1.   Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
2.   Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
3.   Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4.   Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
5.   Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
6.   Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
7.   Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
8.   Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Kelebihan Microsoft Word 2010
1. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi pada saat ini.
2. Saat pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar kerja.
3. Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4. Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
5. Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasai Office 2007.
6. Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
7. Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
8. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9. Untuk MS Word 2010, saat menu utama diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk Microsoft Word 2007.
10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
Kekurangan Microsoft Word 2010
a. Lebih sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
b. Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
c. Tidak terdapat ‘Office Button’.
d. Pengguna Microsoft Word versi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file Office 2010.
e. Tab kontekstual dan style gellery agak mengganggu.
Perbedaannya:
1. Format simpanan word 2007 docx : format file berupa text murni yang berformat xml sedangkan word 2003 doc : format file berupa binary. Kelebihan docx lebih banyak program non office yang mampu membukanya karena sudah open source format filenya.
2. Word 2007 default fontnya : calibri 11 sedang Word 2003 : Times New Roman 12
3. Di Word 2007 udah ga ada buat garis dobel, tapi kalo copy paste dari word 2003 masih bisa. Maklum karena ngikuti standarisasi Internasional.
4. Word 2003 pake menu dan toolbar icon, sedangkan word 2007 pake Tab dan Ribbon untuk tampilannya.
5. Format default word 2003 tanpa jarak antar baris sedangkan word 2007 ada jarak kalo meng enter tapi ini bisa diubah-ubah.

Microsoft Word 2007 merupakan pengembangan dari versi Microsoft Word sebelumnya. Pengembangan ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna untuk bekerja secara efektif, produktif, mudah dan cepat. Fasilitas-fasilitas baru yang disediakan oleh Microsoft Word 2007 antara lain.
1.   Ribbon
Ribbon adalah fasilitas yang berisi berbagai konten aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Word. Melalui fasilitas ini kita akan lebih cepat dan dengan mudah menggunakan berbagai konten aplikasi dan lebih mudah mengetahui semua fasilitas pengolah kata tersebut,
sehingga diharapkan melalui fasilitas ribbon ini penggunaan semua fasilitas Microsoft Word dapat dipakai secara maksimal.

2.    Building Blocks
Building blocks adalah fasilitas yang berisi berbagai content yang siap digunakan dan bahkan mungkinkan kita mengurangi kesalahan pemakaian dalam penggunaan. Building blocks ini mempermudah kita dalam menggunakan header, footer, page number, text box, maupun cover page dengan gambar yang lebih menarik.

3.    Quick Styles
Quick Style merupakan fasilitas yang ada pada Microsoft Word 2007 untuk memudahkan kita dalam memformat teks maupun memilih berbagai bentuk tabel. Letak Quik Style berada pada tab Home dalam grup Styles

4.   Apply Document Themes
Apply Document Themes adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam membuat suatu dokumen dengan bentuk yang konsisten, terutama dalam kombinasi warna, bentuk atau jenis fort (huruf), bingkai hingga efek-efek lainnya. Apply Document Themes berada pada tab Page Layout dalam grup Themes

5.    SmartArt Grafik
SmartArt Grafik merupakan fasilitas yang digunakan untuk membantu kita dalam membuat diagram. Fasilitas ini berada pada tab Insert dalam grup Ilustration.

6.   Equation
Fasilitas ini berisi simbol-simbol matematika yang siap digunakan, bahkan kita dapat mendefinisikan sendiri rumus yang sering kita pakai melalui fasilitas Equation Builder yang bersifat editable atau dapat diedit ulang. Fasilitas ini berada pada tab insert dalam grup Symbol

7.   Template
Microsoft Word 2007 menyediakan berbagai macam template memperindah desai dokument yang dibuat, sehingga lebih menarik perhatian. Kita juga dapat mengambil template-template lain secara gratis oleh Microsoft Office secara gratis yang disediakan situs Microsoft dari internet.


SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar